KEGIATAN RUTIN SETIAP PAGI SD ISLAM TERPADU AR-R-AHMAN – APEL PAGI

KEGIATAN RUTIN SETIAP PAGI SD ISLAM TERPADU AR-R-AHMAN – APEL PAGI

Sebelum melaksanakan aktifitas belajar, seperti biasa SD Islam Terpadu AR-RAHMAN,melaksanakan apel pagi bertempat di halaman Kantor SD Islam Terpadu AR-RAHMAN  yang di ikuti oleh para Dewan Guru, pegawai Tata Usaha, dan seluruh siswa, Rabu, 09/02/2022. Dalam kegiatan apel, Apel pagi rutin dilaksanakan setiap Hari Senin – Jum’at, ini dilaksanakan untuk melatih kedisiplinan juga dalam rangka menyampaikan informasi perkembangan sekolah setiap hari.

Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh dalam melakukan pekerjaan tertentu yang menjadi tanggung jawabnya atau dengan kata lain suatu tindakan yang dilakukan oleh seseorang dalam melaksanakan tanggung jawab sudah seharusnya dilakukan. Misalnya, bagi seorang siswa mempunyai tanggung jawab yang harus dilakukan di Sekolah seperti setiap hari siswa datang tepat waktu dan selalu mengumpulkan tugas tepat waktu.

Hal ini merupakan salah satu contoh bahwa disiplin seorang siswa memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh siswa tersebut, karena disiplin siswa memberikan dampak terhadap proses pendidikan yang diikuti oleh siswa dalam kelas. Selain itu dalam apel pagu juga mengingatkan para siswa tentang kegiatan Shalat Dhuha yang selalu dilaksanakan dilingkunagn sekolah, dimana shalat dhuha yang dilaksanakan adalah salah satu shalat sunnah yang istimewa. Ada banyak manfaat dan keutamaan jika seorang muslim rutin melaksanakan shalat sunnah ini.

Shalat ini dikenal sebagai shalat sunnah untuk memohon rezeki dari Allah SWT setiap hari, dengan tidak menyampingkan kewajiban Sholat lima waktu. Dalam apel pagi juga diingatkan tentang pentingnya  kebersihan lingkungan sekolah perlu dijaga, memanfaatkan waktu waktu belajar dan mengaji, tartil didalam kelas setelah apel pagi, dan persiapan kegiatan Out Bond untuk kelas 1-4 dan study wisata untuk kelas 5 dan 6.

Leave a Reply